HBSI - HOLISTIK BOARDING SCHOOL OF INTEGRATION
PONDOK PESANTREN
DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA-MAKASSAR
Membina :
1. SMP
2. Madrasah Tsanawiyah
1. SMP
2. Madrasah Tsanawiyah
3.
Madrasah Aliyah
(IPA-IPS)
4.
SMK (Tek
Otomotif, Komputer RPL-TKJ, Keperwatan)
A. SEJARAH
BERDIRINYA
Pondok Pesantren ini berdiri ketika ulama Muhammadiyah berpandangan bahwa
Pendidikan Tarjih Muhammadiyah yang diselenggarakan di jalan Bandang No. 7 C
Ujung Pandang (sekarang Makassar) khususnya di Pimpinan Cabang Muhammadiyah
Bontoala tidak lagi relefan sesuai dengan perkembangan zaman. Olehnya itu
tokoh-tokoh ulama Muhammadiyah sebagai konsultan dakwah pada saat itu yang
terdiri dari :
1. DR. S. Madjid
2. K.H. Abdul Jabbar Asysyiri
3. K.H. Fattul Muin Dg. Magading
4. K.H. Marsuki Hasan
5. K.H. Bakri Wahid
Tahun 1970 sepakat ulama Muhammadiyah untuk mencari lokasi Pembinaan Tarjih
Muhammadiyah dipindahkan ke luar kota. Dengan usaha kerja keras itulah
membuahkan hasil dengan mendapatkan lokasi sekarang sebagai sumbangan dari
Kepala Daerah Kab. Maros (Bapak Kasim DM). Tanggal 14 April 1971 resmi menjadi Pondok Pesantren
Darul Arqam dengan akte notaris No. 22 tanggal 09 Juni 1972. Pada Musyawah
Wilayah Muhammadiyah Wilayah di Limbung Gowa terpilihlah K.H. Abdul Jabbar
Asysyri sebagai Ketua dan Drs. Zainuddin Sialla menjadi sekretaris.
Dalam rangka pembinaan pondok pesantren, maka pada Musyawarah Wilayah
Muhammadiyah di Parepare menetapkan agar Pondok Pesantren Darul Arqam
Muhammadiyah menjadi proyek Pengkaderan Muhammadiyah. Tanggal 25 Januari 1976
berlangsung serah terima pesantren dari PCM Bontoala kepada PWM Sulawesi Selatan Barat.
Dalam perkembangannya, Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi
Selatan telah mengalami 7 (tujuh) kali pergantian kepemimpinan yaitu :
1. K.H. Abdul Jabbar Asysyiri Periode 1971 s/d 1987.
(almarhum)
2. K.H. Drs. Makmur Ali Periode 1987 s/d 1992. (almarhum)
3. H. Iskandar Tompo Periode 1992 s/d 1993.
4. K. H. Andi Bakri Kasim Periode 1993 s/d 1997.
5. K. H. Muchtar Waka, BA. Periode 1997 s/d 2007
6. DR. K.H. Mustari Bosra, MA. Periode 2007 – 2011
7. Majelis
Dikdasmen PWM Sul-Sel Periode 11 Juni 2011-Maret 2012
8. Drs. KH. Baharuddin Pagim Periode April 2012- 2016
9. Mahlani, S.Th.I., MA Periode 2016-2020
9. Mahlani, S.Th.I., MA Periode 2016-2020
1. PROF. DR. KH. AMBO ASSE, M.Ag. (PW.
Muhammadiyah Sul-Sel)
2. DRS. H. MAWARDI PEWANGI, M.Pd.I. (Koordinator
Majelis Dikdasmen)
3.
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PWM Sul-Sel
4. Lembaga Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP2M) PWM Sul-Sel
III. PIMPINAN
NO
|
N
A M A
|
JABATAN
|
1
|
DRS. H. MAWARDI PEWANGI,
M.Pd.I.
|
KOMITE
|
2
|
MAHLANI, S.Th.I.
|
DIREKTUR
|
3
|
DRS. AMIR MR., MM.
|
WAKIL DIREKTUR
|
4
|
MAS'UDI, S.Pd.I.
|
SEKRETARIS
|
5
|
DRS. SOFYAN TAHIR
|
KEPALA PONDOK
|
6
|
BADARUDDIN, S.Pd.
|
SEKRETARIS PESANTREN
|
7
|
SITTI SHALEHAH, S.Pd.
|
BENDAHARA
|
8
|
HASMAK KILA, S.Si, S.Pd.
|
KEPALA MA
|
9
|
H. M. RIDHWAN HAMZAH,
S.Th.I.
|
KEPALA MTs
|
10
|
SAPPEWALI, S.Pd. |
KEPALA SMK
|
11
|
HAERUDDIN, S.Pd., M.Pd.
|
KEPALA
SMP
|
3) Kiyai Pesantren
NO
|
N
A M A
|
JABATAN
|
1
|
KH. MUCHTAR WAKA, BA
|
KIYAI PESANTREN
|
B.
TUJUAN
1.
Tujuan Jangka Panjang :
Melahirkan
kader-kader dan calon buballig yang memiliki kompetensi dan daya saing untuk menghadapi
tantangan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar di era global, calon pimpinan
perserikatan, dan calon tenaga kerja yang memiliki
akhlaq yang terpuji siap pakai untuk kalangan lokal, nasional, regional maupun internasional
2.
Tujuan Jangka Pendek :
a.
Meningkatkan kwalitas
pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
b.
Menata dan melengkapi dokumen administrasi pesantren.
c.
Menerapkan Manajemen ISO 9000- 2008 yang berbasis SIM.
d.
Meningkatkan disiplin santri terhadap Tata Tertib Ponpes.
e.
Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik, Kependidikan dan
Pembina.
f.
Meningkatkan pengadaan sarana prasana penunjang KBM.
g.
Mengadakan rehap asrama dan ruang belajar.
h. Melaksanakan pembangunan asrama, ruang belajar, ruang
laboratorium, perpustakaan, Masjid dan sarana lainnya.
i.
Meningkatkan kerjasama dengan pihak Pemerintah dan
masyarakat.
j.
Meningkatkan kesejahteraan Tenaga Pendidik dan
Kependidikan.
k.
Meningkatkan
kualitas pelaksanaan Al Islam, Kemuhammadiyaan dan Bahasa Arab (ISMUBA)
dan bahasa asing
C. VISI
DAN MISI PESANTREN
Berdasarkan kondisi pesantren saat ini, tantangan
yang akan dihadapi dalam 10 tahuna mendatang dengan memperhitungkan modal dasar
pesantren sangatlah jauh ketinggalan dari harapan dan cita-cita
Muhammadiyah. Indikatornya adalah sarana
dan prasarana belum memadai, SDM masih rendah, proses belajar mengajar belum
memenuhi standar proses, pengelolaan manajemen belum standar, pengelolaan AIK
belum memenuhi standar isi, pembinaan ke-pesantrenan belum maksimal. Kondisi
ini menjadi motivasi dan spirit bagi pengurus Majelis Pendidikan Dasar dan
Menengah Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Sulawesi Selatan untuk melakukan
Revitalisasi dengan berbagai strategi yang melibatkan seluruh jajaran Pimpinan
Wilayah dan Pimpinan Daerah Muhamdiyah, bekerjasama dengan unsur Kemendiknas,
Kemenag, DUDI, Komite Pesantren, Orang Tua Santri, Masyarakat Warga Muhammadiyah
serta lembaga kemasyarakatan lainya.
1. V
i s i
”Menjadi
Pesantren Mandiri, Maju, Berkualitas, Berdaya Saing Tinggi dan Berwawasan
Internasional yang Berlandaskan Al-Qur’an dan
As-sunnah Secara Holistik”
Visi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi
Selatan tahun 2012-2031,
mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan Muhammadiyah dan tujuan pendidikn
nasional, seperti yang tertuang dalam tujuan pendidikan Muhammadiyah dan UU Sistem Pendidikan
nasional tahun 2003. Visi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah
tersebut harus dapat diukur ketercapaiannya untuk mengetahui tingkat kemandirian, kemajuan,
kualitas, daya saing tinggi dan berwawasan internasional yang berlandaskan
Al-qur’an dan As-sunah secara holistik.
Kemandirian adalah hak
pesantren untuk menentukan apa yang terbaik baginya dengan berpedoman pada
peraturan majelis pendidikan dasar dan menengah, serta peraturan pemerintah
yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah. Kemandirian
bukanlah keterisolasian dari pihak lain, bukan pula menutup diri dari bantuan
pemerintah, DUDI, dan masyarakat pada umumnya, melainkan mampu mewujudkan
pengelolaan pesantren sejajar dan sederajat dengan pesantren lain yang telah
maju dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sumber daya yang dimilikinya,
sehingga dapat mencetak santri–santriah yang mampu hidup mandiri dalam
berbangsa dan bernegara.
Tingkat Kemajuan pesantren
Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan dapat diukur dari ketersediaan sarana
dan prasarana yang memenuhi standar nasional, pengelolaan manajemen berstandar
ISO, sumber daya manusianya rata-rata
berkualifikasi strata satu dan strata dua, kegiatan pembelajarannya memenuhi
standar proses, memiliki kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan
ke-pesantrenan, memiliki kurikulum pembinaan ekstrakurikuler, memiliki
laboratorium IPA, lab. Bahasa, lab. IPS. Lab. Matematika, lab.Perbengkelan
industri kecil, lab. ICT., lab. Aqidah-Akhlaq, memiliki fasilitas sarana
olahraga yang memadai (lap. Sepak bola, lap bola volly, lap sepak takrow,
lap.Futsal, lap bola basket, lap. Bulu tangkis, tennis meja, lap.long tennis),
lab. Life Skill.
Tingkat Kualitas pesantren
Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan dapat diukur dari terlaksananya 8
standar nasional pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar
kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan,
standar pembiayaan, standar penilaian dan juga standar isi AIK, standar isi Pendidikan
Agama dan bahasa Arab serta pembinaan
khusus kepesantrenan yang dilaksanakan secara holistik, mampu berkompetisi pada tingkat
Kabupaten/Kota, provinsi, nasional dan internasional.
Tingkat Berdaya
Saing Tinggi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan dapat diukur dari terselenggaranya
pelayanan mutu pendidikan pada semua aspek, meningkatnya profesionalisme tenaga
pendidik dan kependidikan lainnya, menghasilkan tamatan yang berkualitas,
menguasai bahasa Arab, inggris dan Mandarin, memiliki jaringan pertukaran
Santri/Santriah dengan negara maju
untuk magang belajar selama 3 bulan, membekali berbagai keterampilan hidup (Life
skill) kepada santri-santriah sebagai
modal usaha hidup mandiri, meningkatkan penguasaan dan pemanfaatan IPTEK
melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan menuju inovasi secara
berkelanjutan, berbasis keunggulan yang kompetitif
Berwawasan
Internasional, dapat diukur dengan penguasaan
dasar-dasar IT, memanfaatkan jaringan informasi yang bersifat interaktif antar
sesama santri-santriah pada tingkat internasional, memanfaatkan jaringan
teknologi informasi dan komunikasi secara efektif agar dapat memperoleh informasi yang lebih
komprehensip terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
Berlandaskan
Al-qur’an dan As-sunah, dapat diukur dari terlaksananya pembelajaran pada semua mata pelajaran
terintegraasi dengan nilai-nilai yang
bersumber dari Alqu’an dan As-sunnah
Kholistik dapat diukur
dari terlaksananya kurikulum, yaitu:
strategi pelaksanaan kurikulum, kurikulum integratif, kurikulum kompetensi,
kurikulum humanistik, kurikulum sosial dan antisipatif
Untuk mewujudkan visi pesantren Darul Arqam
Muhammadiyah Sulawesi Selatan tersebut ditempuh melalui 10 misi.
2. Misi
1) Melaksanakan penataan dan pembangunan fisik pesantren
2) Melaksanakan pengelolaan manajemen berstandar ISO
3) Melaksanakan pembelajaran sesuai
standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk menguasai dasar-dasar ilmu
pengetahuan dan teknologi, seni (IPTEKS), serta ilmu pengetahuan Agama secara
holistik menuju pesantren berstandar internasional
4) Melaksanakan pembinaan calon kader
ulama teknograt
5) Melaksanakan pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya serta
Hafidz Al-qur’an
6) Melaksanakan pembinaan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Mandarin
7) Melaksanakan pembinaan Ibadah,
akhlak mulia, moral, etika, budaya, dan adab adab lainnya yang berlandaskan Alqur’an dan As-sunah
8) Melaksanakan pembinaan keterampilan life skill sebagai modal dasar
membangun hidup mandiri dan keluarganya yang berlandaskan Al-qur’an dan
As-sunnah
9) Melaksanakan pembinaan kader persyarikatan Muhammadiyah
10) Melaksanakan pembinaan intra dan ekstrakurikuler
3. N i l a i
1) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan bertekat Melaksanakan penataan dan pembangunan fisik Pondok
Pesantren secara bertahap hingga tahun 2031
2) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur
Pesantren akan melaksanakan pengelolaan manajemen berstandar ISO.
3) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Mhamadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren melaksanakan pembelajaran sesuai standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi,
seni (IPTEKS), serta ilmu pengetahuan Agama secara holistik menuju pesantren
berstandar internasional
4) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren melaksanakan pembinaan calon kader ulama teknograt
5)
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pengkajian Al-qur’an,
As-sunnah, dan Kitab lainnya serta Hafidz Al-qur’an
6)
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan bahasa Arab,
Inggris dan bahasa Mandarin
7)
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan Ibadah, akhlak mulia, moral, etika, budaya, dan adab-adab lainnya yang
berlandaskan Alqur’an dan As-sunah
8)
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan keterampilan
life skill sebagai modal dasar membangun hidup mandiri dan keluarganya yang
berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah
9)
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan kader
persyarikatan Muhammadiyah
10)
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan intra dan
ekstrakurikuler
4. Arah
Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2012 – 2031
Arah Pembangunan Jangka Panjang Pondok Pesantren
Darul Arqam Muhammadiyah 20 Tahun kedepan sesuai dengan makna yang termuat
dalam Visi – Misi, adalah:
1)
Mewujudkan penataan dan pembangunan fisik pesantren
2)
Mewujudkan pengelolaan manajemen berstandar ISO, menuju Pesantren
Bertaraf Internasional
3) Mewujudkan pembelajaran sesuai
standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk menguasai dasar-dasar ilmu
pengetahuan dan teknologi, seni (IPTEKS), serta ilmu pengetahuan Agama secara
holistik menuju pesantren berstandar internasional
4)
Mewujudkan pembinaan calon kader
ulama teknograt
5) Mewujudkan pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya serta
Hafidz Al-qur’an
6)
Mewujudkan pembinaan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Mandarin melalui
kelas Bilingual
7)
Mewujudkan pembinaan Ibadah,
akhlak mulia, moral, etika, budaya, dan adab-adab lainnya yang berlandaskan Alqur’an dan As-sunah
8) Mewujudkan pembinaan keterampilan life skill sebagai modal dasar
membangun hidup mandiri dan keluarganya yang berlandaskan Al-qur’an dan
As-sunnah
9)
Mewujudkan pembinaan kader persyarikatan Muhammadiyah
10) Mewujudkan
pembinaan intra dan ekstrakurikuler serta Peduli Lingkungan
5. Tahapan dan Skala Prioritas
Pembangunan jangka panjang 20 Tahun kedepan
Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah dilaksanakan secara bertahap, yaitu
Rencana Pembangunan Jangka Menengah 5 Tahun kedepan dan Rencana Pembangunan
Jangka Pendek 1 Tahunan, dengan skala prioritas sebagai berikut:
1. Rencana Pembangunan jangka Menengah ke-1 (2012 – 2016), prioritas pada:
1) Membangunan 1 unit Asrama Putra berlantai 2, dengan kapasitas 240 orang
santri
2)
Membangun Masjid berlantai 2, dengan kapasitas 1000 org santri
3)
Membangun Kantor Pusat Berlantai 2
4) Pengelolaan Manajemen yang
berstandar ISO (Rintisan Pesantren Bertaraf Internasional)
5) Peningkatan Profesional Tenaga Pendidik dan Kependidikan melalui
Workshop, dan diklat bidang keahlian/bidang studi
6)
Peningkatan kualitas Santri melalui Pembelajaran Bermakna
7)
Merintis kelas Bilingual
8)
Pengadaan sarana Pendukung pelaksanaan pembelajaran
9)
Peningkatan Pengamalan ibadah dan Akhlaqulkarimah
10) Peningkatan keterampilan Bahasa Arab, Inggeris dan Mandarin melalui
percakapan sehari-hari sebagai bahasa resmi bagi santri
11)
Pembinaan Keterampilan Life skill kepada santri melalui pelatihan kerja
12)
Pembinaan intra dan ekstrakurikuler melalui kegiatan olahraga, IPM, HW
dan tapak suci
13)
Mengikuti berbagi jenis lomba yang dilakukan oleh Pemerintah, dan lembaga
swadaya masyarakat lainnya
2. Rencana
Pembangunan jangka Menengah ke-2 (2017 – 2021), prioritas pada:
1) Membangun 2
unit Asrama putri berlantai 2, dengan kapasitas 480 orang santri
2) Membangun
ruang belajar dan Laboratorium 1 lokal untuk santri Putri
3) Membangun
ruang belajar dan Laboratorium 1 lokal untuk santri Putra
4) Mewujudkan
Pesantren Bertaraf Internasional
(Menggunakan kurikulum Internasional)
5) Tenaga
Pendidik wajib berbahasa asing (Arab, Inggeris atau Bahasa Mandarin) dalam
penyajian mata pejarannya (mewujudkan kelas Bilingual)
6) Mewujudkan
Pesantren Bilingual dalam proses belajar mengajar
7) Mewujudkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
yang Profesional dibidang keahliannya
8) Mewujudkan Pengelolaan Manajemen Berbasis ICT (Pengelolaan Manajemen
Modern)
9) Mewujudkan
Pengelolaan Pembelajaran di kelas Berbasis ICT
10) Mewujudkan
Kerjasama dengan negara Timur Tengah melalui Pertukaran santri
11) Mewujudkan
Keterampilan Life Skill dengan menghasilkan suatu Produksi (ada usaha)
12) Pengamalan
ibadah dan Akhlaqulkarimah, Kajian Kitab, Kajian Al-qur’an menyatu dengan santri
13) Pencapaian
Nilai hasil ujian Nasional sangat memuaskan
14) Pembinaan
ekstrakurikuler makin meningkat dengan meraih kemenangan setiap mengikuti perlombaan
15) Meningkatkan
kualitas sarana pembelajaran
3. Rencana
Pembangunan jangka Menengah ke-3 (2022 – 2026), prioritas pada:
1) Membangun
Asrama Putra dan Putri masing-masing 1 Unit
2) Membangun
Ruang Kelas Baru Putra dan Putri masing-masing 2 unit
3) Melengkapi
sarana pembelajaran yang berkualitas sesuai standar sarana dan prasarana
4) Meningkatkan
Profesional Tenaga Pendidik dan Kependidikan sesuai standar Nasional Pendidikan
5) Pelaksanaan
Pembelajaran dikelas makin berkualitas sesuai standar Proses
6) Mewujudkan
lulusan yang berkualitas dan amanah dalam bidangnya
7) Mewujudkan
Pondok Pesantren Bilingual
4. Rencana
Pembangunan jangka Menengah ke-4 (2027 – 2031), prioritas pada:
1) Menyelesaikan
seluruh Bangunan yang belum terselesaikan
2) Memelihara
seluruh bangunan secara kontinyu
3) Membangun
sumber daya manusia berkualitas, yaitu dapat hidup mandiri, berpikiran maju, kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, berwawasan internasional yang
berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah secara holistik
4) Membina kader
ulama yang amanah, menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, seni
(IPTEKS) serta menguasi ilmu ke Agamaan dan pengamalannya secara integratif
dalam kehidupan sehari-hari
5) Membina kader–kader
Muhammadiyah yang amanah, berpengetahuan dan berketerampilan, berakhlaqul karimah
dan berwawasan internasional yang berlandaskan Alqur’an dan As-sunnah serta
berdaya saing yang tinggi.
6) Membina
kader- kader insan kamil yang menjalankan syariat Islam yang sebenar – benarnya
5. Hasil yang Akan Dicapai.
1) Mencetak sumber daya manusia berkualitas, yaitu dapat hidup mandiri,
berpikiran maju, kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, berwawasan
internasional yang berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah secara holistik
2)
Mencetak kader ulama yang amanah, menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni (IPTEKS) serta menguasi ilmu ke Agamaan dan pengamalannya
secara integratif dalam kehidupan sehari-hari.
3) Mencetak kader–kader Muhammadiyah yang amanah, berpengetahuan dan
berketerampilan, berakhlakul karimah dan berwawasan internasional yang berlandaskan Alqur’an dan
As-sunnah serta berdaya saing yang tinggi.
4)
Mencetak kader-kader insan kamil yang menjalankan syariat Islam yang
sebenar–benarnya.
5) Mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar – benarnya (sesuai tujuan
Muhammadiyah)
D.
CIRI KHAS YANG MENJADI KEUNGGULAN
Sejak
berdirinya tahun 1972 pesantren ini diarahkan untuk:
- Penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dalam beritegrasi baik kepada sesama santri maupun kepada pembina.
- Pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya
- Hafidzul Al-qur’an 6-30 Juz
- Ceramah dengan tiga bahasa.
- Penguasaan life skill dan ICT.
(4) Bidang
Kesantrian (Pembina Santri)
(5) Guru Bidang Studi
PEMBINA PUTRA
1. H. M.
RIDHWAN HAMZAH, S.Th.I.
2. DRS. H. TAKUDDIN RAHIMI
3. FACHRUDDIN HAFID
3. FACHRUDDIN HAFID
4. KAMARUDDIN,
S.Pd.
5. YUSNAR,
S.Pd.I.
6. MARTONO
LA MOANE, S.Sos., S.Pd.I., M.Pd.I.
7. HASANUDDIN,
S.Pd.I., M.Pd.I.
PEMBINA PUTRI
1. Aynun Raniyah Mubarikah
2. MUSTAINA,
S.S..
(5) Guru Bidang Studi
NO
|
NAMA
|
BIDANG STUDI
|
LK
|
PR
|
1
|
Abd.
Rahman, MA
|
Akidah
Akhlak
|
1
|
|
2
|
Ahmad
Ashar, S.Pd.
|
Produktif
RPL
|
1
|
|
3
|
Arifin,
S.Pd.
|
Matematika
|
1
|
|
4
|
Badaruddin,
S.Pd.
|
B.
Indo / KMH
|
1
|
|
5
|
Dra.
Hj. Suttaria, M.Ag.
|
Akidah
Akhlak
|
1
|
|
6
|
Ai
|
Bahasa
Inggris
|
1
|
|
7
|
Dra.
Nurhayati
|
Bahasa
Indonesia
|
1
|
|
8
|
Dra.
Ruspaidah
|
Bahasa
Inggris
|
1
|
|
9
|
Dra.
Sabriani
|
Fiqih
|
1
|
|
10
|
Dra.
St. Raodah
|
Fiqih
|
1
|
|
11
|
Dra.
Summa
|
Nahu-Syaraf
|
1
|
|
12
|
Drs.
Amir MR.
|
Bahasa
Indonesia
|
1
|
|
13
|
Drs.
Amir Pattanri
|
P
K n / Eko
|
1
|
|
14
|
Drs.
Arsyad
|
B.
Arab
|
1
|
|
15
|
Drs. H. Nasir, M.Si.
|
Tek. Otomotif
|
1
|
|
16
|
Drs.
H. Sahaka Baso
|
I
P S / Sej
|
1
|
|
17
|
Drs.
H. Takuddin
|
B.
Inggris
|
1
|
|
18
|
Drs. KH. Ali Hasan
|
Kajian
Kitab
|
1
|
|
19
|
Drs.
KH. Baharuddin Pagim
|
Kajian
Kitab
|
1
|
|
20
|
Drs. KH. Dahlan Yusuf
|
Kajian
Kitab
|
1
|
|
21
|
Drs.
KH. Jayatun, MA.
|
Kajian
Kitab
|
1
|
|
22
|
Drs.
Sudirman Djafar
|
IPS
TERPADU / TAJWID K W H
|
1
|
|
23
|
Drs.
Sulvan Rofadi
|
Geografi
|
1
|
|
24
|
Drs.
Taba
|
S
K I
|
1
|
|
25
|
H.
Sabirin Lc.
|
Balangha
|
1
|
|
26
|
Hasmak
Kilah, S.Pd.
|
Kimia
|
1
|
|
27
|
Hj.
Masfufah, S.Pd.I.
|
Quran
Hadis
|
1
|
|
28
|
HM.
Ridhwan H, S.Th.I.
|
Bahasa
Arab /Akidah Akhlak
|
1
|
|
29
|
Intang
Doali, S.Pd.I
|
Quran
Hadis/T
|
1
|
|
30
|
Ir.
Nurdin, M.M
|
Fisika
|
1
|
|
31
|
Ir.
Syahruddin T., MM.
|
Matematika
/ IPA
|
1
|
|
32
|
KH. Arsyad Nyero
|
Kajian
Kitab
|
1
|
|
33
|
KH.
Muchtar Waka, BA
|
K
M H
|
1
|
|
34
|
Khaeruddin,
S.Pd.
|
IPA
Fisika / TIK / KKPI
|
1
|
|
35
|
M.
Basri, A.Ma.
|
Tajwid
|
1
|
|
36
|
M.
Zumrah, S,Ag.
|
B.
Arab
|
1
|
|
37
|
Mukarramah
M., S.Pd.
|
IPA
Fisika
|
1
|
|
38
|
Muskilaturrahmi,
S.Pd.
|
Bhs.
Indo
|
1
|
|
39
|
Nurmayuningsih,
S.Pd.
|
Matematika
|
1
|
|
40
|
Nurwahidah,
S.Pd.
|
P
K n
|
1
|
|
41
|
Rosmawati,
S.Si.
|
T
I K
|
1
|
|
42
|
Sappewali,
S.Pd.
|
Tek.
Otomotif
|
1
|
|
43
|
St.
Marhamah, S.Pd.I.
|
I.
Khat
|
1
|
|
44
|
St.
Rahmah, S.Pd.
|
IPA
Biologi
|
1
|
|
45
|
St.
Rahmiyah
|
IPA
Biologi
|
1
|
|
46
|
St.
Ramlah, ST.
|
Kimia
|
1
|
|
47
|
St.
Shalehah, S.Pd.
|
Matematika
|
1
|
|
48
|
Abd. Mu'min, S.Pd.
|
Penjaskes
|
1
|
|
49
|
Suriyani
Jalil
|
Fikih
|
1
|
|
50
|
Syamsinah
B
|
Penjaskes
|
1
|
|
51
|
Darti, S.Pd. |
Bahasa
Inggris
|
||
52
|
Dra.
Hj. Andi Nurhikmah
|
Akidah
Akhlak
|
1
|
|
JUMLAH
|
29
|
23
|
(6) Staf
NO
|
N
A M A
|
JABATAN
|
1
|
NURHAYATI
| TU SMP |
2
|
PATTA GOWA
|
STAF KEUANGAN PESANTREN
|
3
|
MUSAFIR, ST
|
TU MA
|
4
|
ST. MARKHAMAH, S.Pd.I
|
PENERIMA LIVING COST
|
5
|
M. BASRI
|
PENGELOLAH PERPUSTAKAAN
|
6
|
A. TAQYUDDIN SE,
| TU MTs |
8
|
ABD. RAHMAN S
|
MAINTENCE
|
9
|
ANDI FIRMAN
|
LISTRIK
|
10
|
NURFAEDAH, S.Pd.
| TU SMK |
11
|
ABD. HAFID/ DG. NUNTUNG
|
KEAMANAN
|
5.
Pembiayaan
Biaya operasional
pesantren ini diperoleh Persyarikatan Muhammadiyah, Perguruan Tinggi
Muhammadiyah, Infak santri, Pemerintah, dan Sumbangan yang tidak mengikat.
6.
Implementasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Pelaksanaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berjalan sesuai
dengan struktur pembelajaran di atas.
7. Jadwal
Kegiatan Santri Setiap Hari
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KET
|
03.30-04.30
|
Shalat
Tahajjud
|
|
04.30-05.30
|
Shalat
Subuh Pengajian dan Tadarrus
|
|
05.30-07.00
|
Kebersihan,
Makan Pagi, dan Persiapan ke Sekolah/Madrasah
|
|
07.00-12.45
|
Belajar
di Sekolah / Madrasah
|
|
12.45-14.00
|
Shalat
Zduhur, Tadarrus, dan Makan Siang
|
|
14.00-15.20
|
Istirahat,
Belajar Mandiri,
|
|
15.20-16.00
|
Shalat
Ashar, Tadarrus, Pengajian
|
|
16.00-17.15
|
Kegiatan
Ekstrakurikuler dan Olahraga
|
|
17.15-17.50
|
Kebersihan,
Makan Malam, Persiapan ke Masjid
|
|
17.50-20.00
|
Shalat
Mangrib, Tadarrus, Pengajian, Shalat Isya
|
|
20.00-21.30
|
Mufrhodat,
Muhadarah, dan Belajar Mandiri
|
|
21.30-03.30
|
Istirahat
|
KEGIATAN SANTRI
a. Kegiatan Harian : - Shalat Fardhu
- Tadarrus Alquran
-
Muhadhorah dan Mufrhodat
- Berbahasa Inggris / Arab
b. Kegiatan Mingguan - Pembinaan Tapak Suci
-
Pembinaan Hizbul Wathan
- Kajian Kitab (Alquran dan Hadis)
- Pengembangan Bakat
- Kegiatan IPM
c. Kegiatan Bulanan - Muhadharah Akbar
- Ikut
dalam kegiatan kreatifitas baik dalam maupun
di luar
pesantren
F. PROGRAM EKSTRAKURIKULER YANG DIKEMBANGKAN
KEGIATAN PENUNJANG & EKSTRAKURIKULER
1. Tahfidzul Qur’an minimal 6- 30 juz dari kelas VII - XII
2. Reward, bagi santri teladan, berprestasi
akademik dan
non akademik dan Tahfidzul Qur’an
3. Seni Baca Al-Qur’an
4. Arabic Club
5. Inggris Club
6. Kelompok Ilmiah Remaja & Jurnalistik
7. Hizbul Wathan dan Tapak Suci
8. Tata Boga
9. Kemah dan Camping
10. Autbond & Traveling
11. Study Tour
12. Rihlah Dakwah
13. MTQ Pelajar
14. Gombara Cup
G. PRESTASI SANTRI
Telah segudang
prestasi yang dimiliki pesantren diantaranya;
1. Piala Bergilir tingkat SMTA
Porseni SMPT-SMTA Muhammadiyah Sul-Sel.
2. Juara I Putri Lomba Teknik HW
Sul-Sul Milad Muhammadiyah ke-93.
3. Juara I Putra Lomba Teknik HW
Sul-Sel Milad Muhammadiyah ke-93.
4. Juara I Lomba Pidato Bahasa
Arab, dilaksanakan oleh HIMAB UMI 1995.
5. Juara I Lari 500 M Putra
POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
6. Juara I Pidato Bahasa Arab
Tingkat Aliyah /Pesantren se-Sul-Sel 1994.
7. Juara II Lomba Debat Bahasa
Arab, Lomba Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa se Sulawesi Selatan, dilaksanakan
oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Asia Barat Fak. Ilmu Budaya Unhas tahun 2008.
8. Juara II Lomba Tilawatil Quran
(PA) Lomba Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa se-Sulawesi Selatan Himpunan
Mahasiswa Sastra Asia Barat Fak. Ilmu Budaya Unhas tahun 2008.
9. Juara II Catur Putra POSPEDA II
Kota Makassar Tahun 2007.
10. Juara II Lari 200 M Putra
POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
11. Juara II Tennes Meja Ganda
Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
12. Juara II Lompat Jauh Putra
POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
13. Juara II memaparkan Cerita
Bahasa Arab Tingkat Aliyah / Pesantren Sulawesi Selatan LKBIA – 94 Pesantren
Modern IMMIM Putra 1994.
14. Piala Tetap Juara Umum II
Porseni dalam rangka Musywil XXXV Muhammadiyah Sul-Sel di Kab. Pinrang 1995.
15. Juara III Lari Estafet Putra 4 x
400 m. POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
16. Juara III Bulu Tangkis Ganda
Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
17. Juara III Kategori kelompok
Lomba Karya Ilmiah Siswa LKIS antar SMA/SMK/MA se-Sulawesi Selatan tahun 2003.
18. Juara III Tennes Meja Putra POSPEDA
II Kota Makassar Tahun 2007.
19. Juara Umum IV Lomba antar
Pondok Pesantren Sulawesi Selatan Barat yang dilaksanakan YASIN, KPAD SUL-SEL
UNICEF, Tahun 2006.
20. Juara IV. Lomba Kadarkum santri
antar pesantren Kanwil Departemen Penerangan Sul-Sel.
21. Juara III Putra Gerak Jalan
Indah Sekolah Muhammadiyah Tingkat SMP / MTs se-Kota Makassar, tanggal 18
Agustus 2008.
22. Juara I Lari 100 M Putra oleh
Pospeda Kota Makassar 2008.
23. Juara II Lari Estafet 4x100 M
Putra oleh Pospeda Kota Makassar 2008.
24. Juara II Tenis Meja Putra oleh
Pospeda Kota Makassar 2008.
25. Juara I, Takrow Tingkat MA /
SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat
Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
26. Juara I, Tenis Meja Putra
Tingkat MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke
– 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
27. Juara I, Pawai Sekolah
Muhammadiyah se-Kota Makassar dalam rangka Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99
Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
28. Juara I, Tadarrus Putra Tingkat
MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99
Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
29. Juara II, Pidato Putri Tingkat
MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99
Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
30. Juara II, Pidato Putra Tingkat
MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99
Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
31. Juara II, Puisi Putri Tingkat
MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99
Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
32. Juara II, Puisi Putra Tingkat
MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar
Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret
2009.
33. Juara II, Lomba Pionering
Menyambung Tongkat Tiga TK. Mengenal HW. Tingkat MA / SMK / MA / SMP / MTs
Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota
Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
34. Juara III, Futsal Tingkat MA /
SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat
Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
35. Juara III, Volly Putra Tingkat
MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99
Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
36. Juara III, Takrow Tingkat MA /
SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat
Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
37. Juara II Interaktif Bahasa Arab
Tingkat Pelajar pada acara Lomba Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa se-Sulawesi
Selatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Asia Barat Fak. Ilmu Budaya
Unhas 16 Mei 2009.
38. Juara I Lomba Pidato Bahasa
Arab Putra (Syamsul Rijal) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal
6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
39. Juara I Lomba Pidato Bahasa
Arab Putri (Halmawati) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8
Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
40. Juara I Lomba Pidato Islamiah
Putri (Nurul Ainun Bosra) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8
Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
41. Juara 2 Lomba Tadarrus Alquran
Putra (Ahmad Fauzan) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8
Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
42. Juara 2 Lomba Tadarrus Alquran
Putri (Nur Hikmah Amir) tingkat MTs
Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model
Makassar.
43. Juara 3 Lomba Tahfizul Quran
Putra (Fhardal Anugrah) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8
Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
44. Juara 3 Lomba Kaligrafi Putri
(Maryam Sucitra) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret
2010 di MTs Negeri Model Makassar.
45. Juara III Tingkat MTs se-Kota
Makassar kegiatan Lomba Futsal pada tanggal 24-27 Desember 2011 di MAN 3
Biringkanaya.
46. Juara III Lomba Kaligrafi Putra
(Muntatsir) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 24-27 Desember
2011 di MAN 3 Biringkanaya.
47. Juara
II Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA-SMA-SMK se-Kota Makassar, Maret 2012,
yang dilaksanakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Makassar.
Makassar, 20 Januari 2017 M
Direktur,
MAHLANI, S.Th.I., MA
NBM. 1099310
Tidak ada komentar:
Posting Komentar