PROFIL





HBSI - HOLISTIK BOARDING SCHOOL OF INTEGRATION 

PONDOK PESANTREN
DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA-MAKASSAR


Membina       :   
                      1. SMP 
                      2. Madrasah Tsanawiyah
3.   Madrasah Aliyah (IPA-IPS)
4.   SMK (Tek Otomotif, Komputer RPL-TKJ, Keperwatan)

A.        SEJARAH BERDIRINYA
Pondok Pesantren ini berdiri ketika ulama Muhammadiyah berpandangan bahwa Pendidikan Tarjih Muhammadiyah yang diselenggarakan di jalan Bandang No. 7 C Ujung Pandang (sekarang Makassar) khususnya di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bontoala tidak lagi relefan sesuai dengan perkembangan zaman. Olehnya itu tokoh-tokoh ulama Muhammadiyah sebagai konsultan dakwah pada saat itu yang terdiri dari :
1.     DR. S. Madjid
2.     K.H. Abdul Jabbar Asysyiri
3.     K.H. Fattul Muin Dg. Magading
4.     K.H. Marsuki Hasan
5.     K.H. Bakri Wahid

Tahun 1970 sepakat ulama Muhammadiyah untuk mencari lokasi Pembinaan Tarjih Muhammadiyah dipindahkan ke luar kota. Dengan usaha kerja keras itulah membuahkan hasil dengan mendapatkan lokasi sekarang sebagai sumbangan dari Kepala Daerah Kab. Maros (Bapak Kasim DM). Tanggal 14 April 1971 resmi menjadi Pondok Pesantren Darul Arqam dengan akte notaris No. 22 tanggal 09 Juni 1972. Pada Musyawah Wilayah Muhammadiyah Wilayah di Limbung Gowa terpilihlah K.H. Abdul Jabbar Asysyri sebagai Ketua dan Drs. Zainuddin Sialla menjadi sekretaris.
Dalam rangka pembinaan pondok pesantren, maka pada Musyawarah Wilayah Muhammadiyah di Parepare menetapkan agar Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah menjadi proyek Pengkaderan Muhammadiyah. Tanggal 25 Januari 1976 berlangsung serah terima pesantren dari PCM Bontoala kepada PWM Sulawesi Selatan Barat.
Dalam perkembangannya, Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan telah mengalami 7 (tujuh) kali pergantian kepemimpinan yaitu :
1.    K.H. Abdul Jabbar Asysyiri Periode 1971 s/d 1987. (almarhum)
2.    K.H. Drs. Makmur Ali Periode 1987 s/d 1992. (almarhum)
3.    H. Iskandar Tompo Periode 1992 s/d 1993.
4.    K. H. Andi Bakri Kasim Periode 1993 s/d 1997.
5.    K. H. Muchtar Waka, BA. Periode 1997 s/d 2007
6.    DR. K.H. Mustari Bosra, MA. Periode 2007 – 2011
7.    Majelis Dikdasmen PWM Sul-Sel Periode 11 Juni 2011-Maret 2012
8.    Drs. KH. Baharuddin Pagim Periode April 2012- 2016
9.  Mahlani, S.Th.I., MA Periode 2016-2020

















II. PENGELOLA
1. PROF. DR. KH. AMBO ASSE, M.Ag.    (PW. Muhammadiyah Sul-Sel)
2. DRS. H. MAWARDI PEWANGI, M.Pd.I. (Koordinator Majelis Dikdasmen)
3. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PWM Sul-Sel
4. Lembaga Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP2M) PWM Sul-Sel

  III. PIMPINAN
NO
N A M A
JABATAN
1
DRS. H. MAWARDI PEWANGI, M.Pd.I.
KOMITE
2
MAHLANI, S.Th.I.
DIREKTUR
3
DRS. AMIR MR., MM.
WAKIL DIREKTUR
4
MAS'UDI, S.Pd.I.
SEKRETARIS
5
DRS. SOFYAN TAHIR
KEPALA PONDOK 
6
BADARUDDIN, S.Pd.
SEKRETARIS PESANTREN
7
SITTI SHALEHAH, S.Pd.
BENDAHARA
8
HASMAK KILA, S.Si, S.Pd.
KEPALA  MA
9
H. M. RIDHWAN HAMZAH, S.Th.I.
KEPALA MTs
10
SAPPEWALI, S.Pd.
KEPALA SMK
11
HAERUDDIN, S.Pd., M.Pd.
KEPALA SMP

3) Kiyai Pesantren

NO
N A M A
JABATAN
1
KH. MUCHTAR WAKA, BA
KIYAI PESANTREN





B.         TUJUAN
1.    Tujuan Jangka Panjang :
Melahirkan  kader-kader dan calon buballig yang memiliki kompetensi dan daya saing untuk menghadapi tantangan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar di era global, calon pimpinan perserikatan, dan calon tenaga kerja  yang memiliki akhlaq yang terpuji siap pakai untuk kalangan lokal, nasional, regional maupun internasional

2.    Tujuan Jangka Pendek :
a.   Meningkatkan kwalitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
b.   Menata dan melengkapi dokumen administrasi pesantren.
c.    Menerapkan Manajemen ISO 9000- 2008 yang berbasis SIM.
d.   Meningkatkan disiplin santri terhadap Tata Tertib Ponpes.
e.   Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik, Kependidikan dan Pembina.
f.     Meningkatkan pengadaan sarana prasana penunjang KBM.
g.    Mengadakan rehap asrama dan ruang belajar.
h. Melaksanakan pembangunan asrama, ruang belajar, ruang laboratorium, perpustakaan, Masjid dan sarana lainnya.
i.     Meningkatkan kerjasama dengan pihak Pemerintah dan masyarakat.
j.    Meningkatkan kesejahteraan Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
k.    Meningkatkan kualitas pelaksanaan Al Islam, Kemuhammadiyaan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dan bahasa asing

 
C.   VISI DAN MISI PESANTREN
Berdasarkan kondisi pesantren saat ini, tantangan yang akan dihadapi dalam 10 tahuna mendatang dengan memperhitungkan modal dasar pesantren sangatlah jauh ketinggalan dari harapan dan cita-cita Muhammadiyah.  Indikatornya adalah sarana dan prasarana belum memadai, SDM masih rendah, proses belajar mengajar belum memenuhi standar proses, pengelolaan manajemen belum standar, pengelolaan AIK belum memenuhi standar isi, pembinaan ke-pesantrenan belum maksimal. Kondisi ini menjadi motivasi dan spirit bagi pengurus Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Sulawesi Selatan untuk melakukan Revitalisasi dengan berbagai strategi yang melibatkan seluruh jajaran Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah Muhamdiyah, bekerjasama dengan unsur Kemendiknas, Kemenag, DUDI, Komite Pesantren, Orang Tua Santri, Masyarakat Warga Muhammadiyah serta lembaga kemasyarakatan lainya.
1.  V i s i

Menjadi Pesantren Mandiri, Maju, Berkualitas, Berdaya Saing Tinggi dan Berwawasan Internasional yang Berlandaskan Al-Qur’an dan
As-sunnah Secara Holistik

Visi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan tahun   2012-2031, mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan Muhammadiyah dan tujuan pendidikn nasional, seperti yang tertuang dalam tujuan pendidikan  Muhammadiyah dan UU Sistem Pendidikan nasional  tahun 2003.  Visi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah tersebut harus dapat diukur ketercapaiannya untuk  mengetahui tingkat kemandirian, kemajuan, kualitas, daya saing tinggi dan berwawasan internasional yang berlandaskan Al-qur’an dan As-sunah secara holistik.

Kemandirian adalah hak pesantren untuk menentukan apa yang terbaik baginya dengan berpedoman pada peraturan majelis pendidikan dasar dan menengah, serta peraturan pemerintah yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah. Kemandirian bukanlah keterisolasian dari pihak lain, bukan pula menutup diri dari bantuan pemerintah, DUDI, dan masyarakat pada umumnya, melainkan mampu mewujudkan pengelolaan pesantren sejajar dan sederajat dengan pesantren lain yang telah maju dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sumber daya yang dimilikinya, sehingga dapat mencetak santri–santriah yang mampu hidup mandiri dalam berbangsa dan bernegara.

Tingkat Kemajuan pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan dapat diukur dari ketersediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standar nasional, pengelolaan manajemen berstandar ISO,  sumber daya manusianya rata-rata berkualifikasi strata satu dan strata dua, kegiatan pembelajarannya memenuhi standar proses, memiliki kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan ke-pesantrenan, memiliki kurikulum pembinaan ekstrakurikuler, memiliki laboratorium IPA, lab. Bahasa, lab. IPS. Lab. Matematika, lab.Perbengkelan industri kecil, lab. ICT., lab. Aqidah-Akhlaq, memiliki fasilitas sarana olahraga yang memadai (lap. Sepak bola, lap bola volly, lap sepak takrow, lap.Futsal, lap bola basket, lap. Bulu tangkis, tennis meja, lap.long tennis), lab. Life Skill.

Tingkat Kualitas pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan dapat diukur dari terlaksananya 8 standar nasional pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar  sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian dan juga standar isi AIK, standar isi Pendidikan Agama  dan bahasa Arab serta pembinaan khusus kepesantrenan yang dilaksanakan secara holistik,  mampu berkompetisi pada tingkat Kabupaten/Kota, provinsi, nasional dan internasional.

Tingkat Berdaya Saing Tinggi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan dapat diukur dari terselenggaranya pelayanan mutu pendidikan pada semua aspek, meningkatnya profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan lainnya, menghasilkan tamatan yang berkualitas, menguasai bahasa Arab, inggris dan Mandarin, memiliki jaringan pertukaran Santri/Santriah  dengan negara maju untuk  magang belajar  selama 3 bulan,  membekali berbagai keterampilan hidup (Life skill) kepada santri-santriah  sebagai modal usaha hidup mandiri, meningkatkan penguasaan dan pemanfaatan IPTEK melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan menuju inovasi secara berkelanjutan, berbasis keunggulan yang kompetitif

Berwawasan Internasional, dapat diukur  dengan penguasaan dasar-dasar IT, memanfaatkan jaringan informasi yang bersifat interaktif antar sesama santri-santriah pada tingkat internasional, memanfaatkan jaringan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif agar  dapat memperoleh informasi yang lebih komprehensip terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Berlandaskan Al-qur’an dan As-sunah, dapat diukur dari terlaksananya pembelajaran pada semua mata pelajaran terintegraasi dengan  nilai-nilai yang bersumber dari Alqu’an dan As-sunnah

Kholistik dapat diukur dari terlaksananya kurikulum,  yaitu: strategi pelaksanaan kurikulum, kurikulum integratif, kurikulum kompetensi, kurikulum humanistik, kurikulum sosial dan antisipatif
Untuk mewujudkan visi pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Sulawesi Selatan tersebut ditempuh melalui 10 misi.

2.  Misi
1)      Melaksanakan penataan dan pembangunan fisik pesantren
2)      Melaksanakan pengelolaan manajemen berstandar ISO
3)  Melaksanakan  pembelajaran sesuai standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, seni (IPTEKS),   serta ilmu pengetahuan Agama secara holistik menuju pesantren berstandar internasional
4)      Melaksanakan pembinaan calon  kader ulama teknograt
5)   Melaksanakan pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya serta Hafidz Al-qur’an
6)      Melaksanakan pembinaan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Mandarin
7)   Melaksanakan  pembinaan Ibadah, akhlak mulia, moral, etika, budaya, dan adab adab lainnya yang  berlandaskan Alqur’an dan As-sunah
8)   Melaksanakan pembinaan keterampilan life skill sebagai modal dasar membangun hidup mandiri dan keluarganya yang berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah
9)      Melaksanakan pembinaan kader persyarikatan Muhammadiyah
10)  Melaksanakan pembinaan intra dan ekstrakurikuler


3.  N i l a i
1)    Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan bertekat Melaksanakan penataan dan pembangunan fisik Pondok Pesantren secara bertahap hingga tahun 2031
2)      Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan  melalui Direktur Pesantren akan melaksanakan pengelolaan manajemen berstandar ISO.
3)  Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Mhamadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren melaksanakan  pembelajaran sesuai standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, seni  (IPTEKS), serta ilmu pengetahuan Agama secara holistik menuju pesantren berstandar internasional
4)      Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren melaksanakan pembinaan calon  kader ulama teknograt
5)       Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya  serta Hafidz Al-qur’an
6)       Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Mandarin
7)       Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan  pembinaan Ibadah, akhlak mulia, moral, etika, budaya, dan adab-adab lainnya yang  berlandaskan Alqur’an dan As-sunah 
8)       Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan keterampilan life skill sebagai modal dasar membangun hidup mandiri dan keluarganya yang berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah
9)       Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan kader persyarikatan Muhammadiyah
10)    Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan melalui Direktur Pesantren Melaksanakan pembinaan intra dan ekstrakurikuler

4.  Arah Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2012 – 2031
     Arah Pembangunan Jangka Panjang Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah 20 Tahun kedepan sesuai dengan makna yang termuat dalam Visi – Misi, adalah:
1)     Mewujudkan penataan dan pembangunan fisik pesantren
2)     Mewujudkan pengelolaan manajemen berstandar ISO, menuju Pesantren Bertaraf Internasional
3)  Mewujudkan  pembelajaran sesuai standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, seni (IPTEKS), serta ilmu pengetahuan Agama secara holistik menuju pesantren berstandar internasional
4)     Mewujudkan pembinaan calon  kader ulama teknograt
5)   Mewujudkan pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya serta Hafidz Al-qur’an
6)     Mewujudkan pembinaan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Mandarin melalui kelas Bilingual
7)     Mewujudkan  pembinaan Ibadah, akhlak mulia, moral, etika, budaya, dan adab-adab lainnya yang  berlandaskan Alqur’an dan As-sunah
8)    Mewujudkan pembinaan keterampilan life skill sebagai modal dasar membangun hidup mandiri dan keluarganya yang berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah
9)     Mewujudkan pembinaan kader persyarikatan Muhammadiyah
10)  Mewujudkan pembinaan intra dan ekstrakurikuler serta Peduli Lingkungan

5. Tahapan dan Skala Prioritas
Pembangunan jangka panjang 20 Tahun kedepan Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah dilaksanakan secara bertahap, yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah 5 Tahun kedepan dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek 1 Tahunan, dengan skala prioritas sebagai berikut:
1.   Rencana Pembangunan jangka Menengah ke-1 (2012 – 2016), prioritas pada:
1)  Membangunan 1 unit Asrama Putra berlantai 2, dengan kapasitas 240 orang santri
2)       Membangun Masjid berlantai 2, dengan kapasitas 1000 org santri
3)       Membangun Kantor Pusat Berlantai 2
4)  Pengelolaan  Manajemen yang berstandar ISO (Rintisan Pesantren Bertaraf Internasional)
5)     Peningkatan Profesional Tenaga Pendidik dan Kependidikan melalui Workshop, dan diklat bidang keahlian/bidang studi
6)       Peningkatan kualitas Santri melalui Pembelajaran Bermakna
7)       Merintis kelas Bilingual
8)       Pengadaan sarana Pendukung pelaksanaan pembelajaran
9)       Peningkatan Pengamalan ibadah dan Akhlaqulkarimah
10) Peningkatan keterampilan Bahasa Arab, Inggeris dan Mandarin melalui percakapan sehari-hari sebagai bahasa resmi bagi santri
11)    Pembinaan Keterampilan Life skill kepada santri melalui pelatihan kerja
12)    Pembinaan intra dan ekstrakurikuler melalui kegiatan olahraga, IPM, HW dan tapak suci
13)    Mengikuti berbagi jenis lomba yang dilakukan oleh Pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat lainnya
     2.    Rencana Pembangunan jangka Menengah ke-2 (2017 – 2021), prioritas pada:
1)       Membangun 2 unit Asrama putri berlantai 2, dengan kapasitas 480 orang santri
2)       Membangun ruang belajar dan Laboratorium 1 lokal untuk santri Putri
3)       Membangun ruang belajar dan Laboratorium 1 lokal untuk santri Putra
4) Mewujudkan Pesantren Bertaraf  Internasional (Menggunakan kurikulum Internasional)
5)   Tenaga Pendidik wajib berbahasa asing (Arab, Inggeris atau Bahasa Mandarin) dalam penyajian mata pejarannya (mewujudkan kelas Bilingual)
6)       Mewujudkan Pesantren Bilingual dalam proses belajar mengajar
7)  Mewujudkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Profesional dibidang keahliannya
8)    Mewujudkan Pengelolaan  Manajemen Berbasis ICT (Pengelolaan Manajemen Modern)
9)       Mewujudkan Pengelolaan Pembelajaran di kelas Berbasis ICT
10)    Mewujudkan Kerjasama dengan negara Timur Tengah melalui Pertukaran santri
11)    Mewujudkan Keterampilan Life Skill dengan menghasilkan suatu Produksi (ada usaha)
12) Pengamalan ibadah dan Akhlaqulkarimah, Kajian Kitab, Kajian Al-qur’an menyatu dengan santri
13)    Pencapaian Nilai hasil ujian Nasional sangat memuaskan
14) Pembinaan ekstrakurikuler makin meningkat dengan meraih kemenangan setiap  mengikuti perlombaan
15)    Meningkatkan kualitas sarana pembelajaran

     3.    Rencana Pembangunan jangka Menengah ke-3 (2022 – 2026), prioritas pada:
1)    Membangun Asrama Putra dan Putri masing-masing 1 Unit
2)    Membangun Ruang Kelas Baru Putra dan Putri masing-masing 2 unit
3) Melengkapi sarana pembelajaran yang berkualitas sesuai standar sarana dan prasarana
4) Meningkatkan Profesional Tenaga Pendidik dan Kependidikan sesuai standar Nasional Pendidikan
5)    Pelaksanaan Pembelajaran dikelas makin berkualitas sesuai standar Proses
6)    Mewujudkan lulusan yang berkualitas dan amanah dalam bidangnya
7)    Mewujudkan Pondok Pesantren Bilingual

     4.    Rencana Pembangunan jangka Menengah ke-4 (2027 – 2031), prioritas pada:
1)     Menyelesaikan seluruh Bangunan yang belum terselesaikan
2)     Memelihara seluruh bangunan secara kontinyu
3) Membangun sumber daya manusia berkualitas, yaitu dapat hidup mandiri, berpikiran maju, kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, berwawasan internasional yang berlandaskan Al-qur’an  dan As-sunnah secara holistik
4)     Membina kader ulama yang amanah, menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, seni (IPTEKS) serta menguasi ilmu ke Agamaan dan pengamalannya secara integratif dalam kehidupan sehari-hari 
5) Membina kader–kader Muhammadiyah yang amanah, berpengetahuan dan berketerampilan, berakhlaqul karimah dan berwawasan internasional yang berlandaskan Alqur’an dan As-sunnah serta berdaya saing yang tinggi.
6)     Membina kader- kader insan kamil yang menjalankan syariat Islam yang sebenar – benarnya

5. Hasil yang Akan Dicapai.
1)   Mencetak sumber daya manusia berkualitas, yaitu dapat hidup mandiri, berpikiran maju, kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, berwawasan internasional yang berlandaskan Al-qur’an dan As-sunnah secara holistik
2)       Mencetak kader ulama yang amanah, menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, seni (IPTEKS) serta menguasi ilmu ke Agamaan dan pengamalannya secara integratif dalam kehidupan sehari-hari.
3)  Mencetak kader–kader Muhammadiyah yang amanah, berpengetahuan dan berketerampilan, berakhlakul karimah dan berwawasan internasional yang berlandaskan Alqur’an dan As-sunnah serta berdaya saing yang tinggi.
4)       Mencetak kader-kader insan kamil yang menjalankan syariat Islam yang sebenar–benarnya.
5)  Mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar – benarnya (sesuai tujuan Muhammadiyah)

D.      CIRI KHAS YANG MENJADI KEUNGGULAN

          Sejak berdirinya tahun 1972 pesantren ini diarahkan untuk:
  1. Penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dalam beritegrasi baik kepada sesama santri maupun kepada pembina.
  2. Pengkajian Al-qur’an, As-sunnah, dan Kitab lainnya 
  3. Hafidzul Al-qur’an 6-30 Juz 
  4. Ceramah dengan tiga bahasa.
  5. Penguasaan life skill dan ICT.

(4) Bidang Kesantrian (Pembina Santri)


PEMBINA PUTRA

1. H. M. RIDHWAN HAMZAH, S.Th.I.
2. DRS. H. TAKUDDIN RAHIMI 
      3. FACHRUDDIN HAFID
4. KAMARUDDIN, S.Pd.
5. YUSNAR, S.Pd.I.
6. MARTONO LA MOANE, S.Sos., S.Pd.I., M.Pd.I.
7. HASANUDDIN, S.Pd.I., M.Pd.I.

PEMBINA PUTRI
1. Aynun Raniyah Mubarikah
2. MUSTAINA, S.S..


(5) Guru Bidang Studi
NO
NAMA
BIDANG STUDI
LK
PR
1
Abd. Rahman, MA
Akidah Akhlak
1

2
Ahmad Ashar, S.Pd.
Produktif RPL
1

3
Arifin, S.Pd.
Matematika
1

4
Badaruddin, S.Pd.
B. Indo / KMH
1

5
Dra. Hj. Suttaria, M.Ag.
Akidah Akhlak
1
6
Ai
Bahasa Inggris

1
7
Dra. Nurhayati
Bahasa Indonesia

1
8
Dra. Ruspaidah
Bahasa Inggris

1
9
Dra. Sabriani
Fiqih

1
10
Dra. St. Raodah
Fiqih

1
11
Dra. Summa
Nahu-Syaraf
1
12
Drs. Amir MR.
Bahasa Indonesia
1

13
Drs. Amir Pattanri
P K n / Eko
1

14
Drs. Arsyad
B. Arab
1

15
Drs. H. Nasir, M.Si.
Tek. Otomotif
1

16
Drs. H. Sahaka Baso
I P S / Sej
1

17
Drs. H. Takuddin
B. Inggris
1

18
Drs. KH. Ali Hasan
Kajian Kitab
1

19
Drs. KH. Baharuddin Pagim
Kajian Kitab
1

20
Drs. KH. Dahlan Yusuf
Kajian Kitab
1

21
Drs. KH. Jayatun, MA.
Kajian Kitab
1

22
Drs. Sudirman Djafar
IPS TERPADU / TAJWID K W H
1

23
Drs. Sulvan Rofadi
Geografi
1

24
Drs. Taba
S K I
1

25
H. Sabirin Lc.
Balangha
1

26
Hasmak Kilah, S.Pd.
Kimia
1

27
Hj. Masfufah, S.Pd.I.
Quran Hadis

1
28
HM. Ridhwan H, S.Th.I.
Bahasa Arab  /Akidah Akhlak
1

29
Intang Doali, S.Pd.I
Quran Hadis/T

1
30
Ir. Nurdin, M.M
Fisika
1

31
Ir. Syahruddin T., MM.
Matematika / IPA
1

32
KH. Arsyad Nyero
Kajian Kitab
1

33
KH. Muchtar Waka, BA
K M H
1

34
Khaeruddin, S.Pd.
IPA Fisika / TIK / KKPI
1

35
M. Basri, A.Ma.
Tajwid
1

36
M. Zumrah, S,Ag.
B. Arab
1

37
Mukarramah M., S.Pd.
IPA Fisika

1
38
Muskilaturrahmi, S.Pd.
Bhs. Indo

1
39
Nurmayuningsih, S.Pd.
Matematika

1
40
Nurwahidah, S.Pd.
P K n

1
41
Rosmawati, S.Si.
T I K

1
42
Sappewali, S.Pd.
Tek. Otomotif
1

43
St. Marhamah, S.Pd.I.
I. Khat

1
44
St. Rahmah, S.Pd.
IPA Biologi

1
45
St. Rahmiyah
IPA Biologi

1
46
St. Ramlah, ST.
Kimia

1
47
St. Shalehah, S.Pd.
Matematika

1
48
Abd. Mu'min, S.Pd.
Penjaskes
1

49
Suriyani Jalil
Fikih

1
50
Syamsinah B
Penjaskes

1
51
Darti, S.Pd.
Bahasa Inggris


52
Dra. Hj. Andi Nurhikmah
Akidah Akhlak

1






JUMLAH
29
23

(6) Staf
NO
N A M A
JABATAN
1
NURHAYATI 
TU SMP
2
PATTA GOWA
STAF KEUANGAN PESANTREN
3
MUSAFIR, ST
TU MA
4
ST. MARKHAMAH, S.Pd.I
PENERIMA LIVING COST
5
M. BASRI
PENGELOLAH PERPUSTAKAAN
6
A. TAQYUDDIN SE,
TU MTs
8
ABD. RAHMAN S
MAINTENCE
9
ANDI FIRMAN
LISTRIK
10
NURFAEDAH, S.Pd.
TU SMK
11
ABD. HAFID/ DG. NUNTUNG
KEAMANAN



5. Pembiayaan
          Biaya operasional pesantren ini diperoleh Persyarikatan Muhammadiyah, Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Infak santri, Pemerintah, dan Sumbangan yang tidak mengikat.

6. Implementasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
          Pelaksanaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berjalan sesuai dengan struktur pembelajaran di atas.

7. Jadwal Kegiatan Santri Setiap Hari

WAKTU
KEGIATAN
KET
03.30-04.30
Shalat Tahajjud

04.30-05.30
Shalat Subuh Pengajian dan Tadarrus

05.30-07.00
Kebersihan, Makan Pagi, dan Persiapan ke Sekolah/Madrasah

07.00-12.45
Belajar di Sekolah / Madrasah

12.45-14.00
Shalat Zduhur, Tadarrus, dan Makan Siang

14.00-15.20
Istirahat, Belajar Mandiri,

15.20-16.00
Shalat Ashar, Tadarrus, Pengajian

16.00-17.15
Kegiatan Ekstrakurikuler dan Olahraga

17.15-17.50
Kebersihan, Makan Malam, Persiapan ke Masjid

17.50-20.00
Shalat Mangrib, Tadarrus, Pengajian, Shalat Isya

20.00-21.30
Mufrhodat, Muhadarah, dan Belajar Mandiri

21.30-03.30
Istirahat


KEGIATAN SANTRI
     a. Kegiatan Harian :               -  Shalat Fardhu
                                                -  Tadarrus Alquran
                                                 -  Muhadhorah dan Mufrhodat
                                                -  Berbahasa Inggris / Arab
     b. Kegiatan Mingguan             -  Pembinaan Tapak Suci
                                                 -  Pembinaan Hizbul Wathan
                                                -  Kajian Kitab (Alquran dan Hadis)
                                                -  Pengembangan Bakat
                                                -  Kegiatan IPM
    c. Kegiatan Bulanan                 -  Muhadharah Akbar
-  Ikut dalam kegiatan kreatifitas baik dalam maupun    
   di luar pesantren


F. PROGRAM EKSTRAKURIKULER YANG DIKEMBANGKAN


KEGIATAN PENUNJANG & EKSTRAKURIKULER
1. Tahfidzul Qur’an minimal 6- 30  juz dari  kelas VII - XII
2. Reward, bagi santri teladan, berprestasi
    akademik dan non akademik dan Tahfidzul Qur’an
3. Seni Baca Al-Qur’an
4. Arabic Club
5. Inggris Club
6. Kelompok Ilmiah Remaja & Jurnalistik
7. Hizbul Wathan dan Tapak Suci
8. Tata Boga
9. Kemah dan Camping
10. Autbond & Traveling
11. Study Tour
12. Rihlah Dakwah
13. MTQ Pelajar
14. Gombara Cup


G.         PRESTASI SANTRI
          Telah segudang prestasi yang dimiliki pesantren diantaranya;
1.   Piala Bergilir tingkat SMTA Porseni SMPT-SMTA Muhammadiyah Sul-Sel.
2.   Juara I Putri Lomba Teknik HW Sul-Sul Milad Muhammadiyah ke-93.
3.   Juara I Putra Lomba Teknik HW Sul-Sel Milad Muhammadiyah ke-93.
4.   Juara I Lomba Pidato Bahasa Arab, dilaksanakan oleh HIMAB UMI 1995.
5.   Juara I Lari 500 M Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
6.   Juara I Pidato Bahasa Arab Tingkat Aliyah /Pesantren se-Sul-Sel 1994.
7.   Juara II Lomba Debat Bahasa Arab, Lomba Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa se Sulawesi Selatan, dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Asia Barat Fak. Ilmu Budaya Unhas tahun 2008.
8.   Juara II Lomba Tilawatil Quran (PA) Lomba Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa se-Sulawesi Selatan Himpunan Mahasiswa Sastra Asia Barat Fak. Ilmu Budaya Unhas tahun 2008.
9.   Juara II Catur Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
10. Juara II Lari 200 M Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
11. Juara II Tennes Meja Ganda Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
12. Juara II Lompat Jauh Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
13. Juara II memaparkan Cerita Bahasa Arab Tingkat Aliyah / Pesantren Sulawesi Selatan LKBIA – 94 Pesantren Modern IMMIM Putra 1994.
14. Piala Tetap Juara Umum II Porseni dalam rangka Musywil XXXV Muhammadiyah Sul-Sel di Kab. Pinrang 1995.
15. Juara III Lari Estafet Putra 4 x 400 m. POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
16. Juara III Bulu Tangkis Ganda Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
17. Juara III Kategori kelompok Lomba Karya Ilmiah Siswa LKIS antar SMA/SMK/MA se-Sulawesi Selatan tahun 2003.
18. Juara III Tennes Meja Putra POSPEDA II Kota Makassar Tahun 2007.
19. Juara Umum IV Lomba antar Pondok Pesantren Sulawesi Selatan Barat yang dilaksanakan YASIN, KPAD SUL-SEL UNICEF, Tahun 2006.
20. Juara IV. Lomba Kadarkum santri antar pesantren Kanwil Departemen Penerangan Sul-Sel.
21. Juara III Putra Gerak Jalan Indah Sekolah Muhammadiyah Tingkat SMP / MTs se-Kota Makassar, tanggal 18 Agustus 2008.
22. Juara I Lari 100 M Putra oleh Pospeda Kota Makassar 2008.
23. Juara II Lari Estafet 4x100 M Putra oleh Pospeda Kota Makassar 2008.
24. Juara II Tenis Meja Putra oleh Pospeda Kota Makassar 2008.
25. Juara I, Takrow Tingkat MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
26. Juara I, Tenis Meja Putra Tingkat MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
27. Juara I, Pawai Sekolah Muhammadiyah se-Kota Makassar dalam rangka Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
28. Juara I, Tadarrus Putra Tingkat MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
29. Juara II, Pidato Putri Tingkat MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
30. Juara II, Pidato Putra Tingkat MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
31. Juara II, Puisi Putri Tingkat MTs / SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
32. Juara II, Puisi Putra Tingkat MTs /  SMP Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
33. Juara II, Lomba Pionering Menyambung Tongkat Tiga TK. Mengenal HW. Tingkat MA / SMK / MA / SMP / MTs Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
34. Juara III, Futsal Tingkat MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
35. Juara III, Volly Putra Tingkat MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
36. Juara III, Takrow Tingkat MA / SMK / MA Muhammadiyah se-Kota Makassar Pekan Milad Muhammadiyah ke – 99 Tingkat Kota Makassar, tanggal 16 – 22 Maret 2009.
37. Juara II Interaktif Bahasa Arab Tingkat Pelajar pada acara Lomba Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa se-Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Asia Barat Fak. Ilmu Budaya Unhas 16 Mei 2009.
38. Juara I Lomba Pidato Bahasa Arab Putra (Syamsul Rijal) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
39. Juara I Lomba Pidato Bahasa Arab Putri (Halmawati) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
40. Juara I Lomba Pidato Islamiah Putri (Nurul Ainun Bosra) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
41. Juara 2 Lomba Tadarrus Alquran Putra (Ahmad Fauzan) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
42. Juara 2 Lomba Tadarrus Alquran Putri  (Nur Hikmah Amir) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
43. Juara 3 Lomba Tahfizul Quran Putra (Fhardal Anugrah) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
44. Juara 3 Lomba Kaligrafi Putri (Maryam Sucitra) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 6-8 Maret 2010 di MTs Negeri Model Makassar.
45. Juara III Tingkat MTs se-Kota Makassar kegiatan Lomba Futsal pada tanggal 24-27 Desember 2011 di MAN 3 Biringkanaya.
46. Juara III Lomba Kaligrafi Putra (Muntatsir) tingkat MTs Negeri / Swasta Kota Makassar tanggal 24-27 Desember 2011 di MAN 3 Biringkanaya.
47. Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA-SMA-SMK se-Kota Makassar, Maret 2012, yang dilaksanakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Makassar.

Makassar,  20 Januari 2017 M  

Direktur,


                                                                        MAHLANI, S.Th.I., MA
                                                                        NBM.  1099310

Tidak ada komentar:

Posting Komentar